Kontribusi

Garak.id Menerima kontribusi berupa tulisan dari pembaca yang budiman untuk beberapa rubrik:

Artikel – Tulisan singkat (700-800 kata) tentang isu-isu aktual, ide serta gagasan, atau sesuatu yang dianggap penting untuk dituliskan dan disebarkan ke publik. Bisa tema sosial, politik, hukum, sejarah, dan seterusnya.

Sorotan – (700-800 kata) Menyorot berbagai aktivitas yang dilandasi semangat gotong-royong. Aktivitas tersebut bisa berupa ruang baca alternatif, diskusi-diskusi, komunitas, musik, pameran seni, dan lainnya. Rubrik sorotan juga menerima tulisan berupa kritik atas suatu iven atau gelaran. (Harap Lampirkah Foto Kegiatan yang Disorot dalam posisi Landscape)

Sudut Pandang Tulisan panjang (1000-2500 kata) berupa analisa mendalam atas suatu permasalahan. Rubrik ini mengedepankan sudut pandang yang tajam, didasari argumen yang kuat, dan bersifat ilmiah.

Ulasan Buku  (800-1500 kata) Tulisan berupa review atas buku-buku yang penting dan memiliki kontribusi terhadap kebaruan. (Harap lampirkah foto buku yang diulas dalam posisi landscape)

  1. Kirimkan naskah tulisan ke email redaksi yaitu kirimnaskah@garak.id dengan subjek sesuai nama rubrik (yaitu: Artikel, Sorotan, Sudut Pandang, Ulasan Buku, dan Cubadak Kantang).
  2. Semua naskah yang masuk tetap menjadi hak milik dan tanggung jawab penulis. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan. Apabila dalam waktu tujuh hari tulisan tidak dimuat, maka penulis dapat mengirim naskah ke media lain.
  3. Penulis yang karyanya dimuat di Garak.id boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal setelah tiga hari tayang di Garak.id dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Garak.id.
  4. Tulisan dikirim dalam format .doc atau .docx.
  5. Sebelum tulisan ditayangkan, Garak.id berhak menyunting tulisan yang telah diterima.
  6. Penulis baru (tulisannya belum pernah dimuat di Garak.id) yang mengirimkan karyanya wajib melampirkan Nama, Alamat E-mail, Akun Sosial Media, Foto, dan Biodata Singkat Penulis (Ditulis dalam Badan E-mail).